Pengertian Internal Link dan Eksternal Link di Blog

Pengertian Internal Link dan Eksternal Link di Blog
Pengertian internal link dan eksternal link di blog - Link merupakan salah satu faktor pendukung agar terciptanya suatu artikel postingan yang baik. Kenapa aku bilang begitu?, karena link berfungsi untuk menghubungkan satu informasi ke informasi lain, guna untuk memperoleh pengetahuan lebih dari topik yang diberikan. 

Link ini juga merupakan suatu faktor penting yang membuat artikel postingan sobat berkualitas, karena mengandung SEO didalamnya. Yang membuat postingan sobat dapat dikenali oleh google dengan cepat. Jenis link ini pun terdiri dari 2 jenis, pertama yang jika di klik akan tetap dihalaman yang sama, yang kedua jika di klik akan berpindah ke halaman baru.

Btw kak, manfaat link untuk blog apaan sih? masih belum ngerti?
Kegunaan link didalam blog yaitu, untuk menghubungkan 1 artikel postingan ke postingan lain yang mempunyai topik yang hampir sama atau informasi unik yang menarik untuk dibaca. Contoh link yang mengundang minat pembaca : buat blogmu secepat sinyal 4G dengan trik simple ini. Jika sobat menjadi pembaca, pasti sobat akan tertartik untuk mengklik link tersebut. Dikarenakan link tersebut mengandung makna kata ajakan yang menarik dan unik yang membuat kita ingin mencari lebih tahu apa isi link tersebut. Atau, sobat juga bisa membuat cara lain, dengan membuat link yang hampir sama dengan judul postingan yang sobat buat. Misalnya artikel postingan sobat mengenai : cara membuat blog di blogger, maka untuk link nya : cara membuat blog di wordpress. Hampir sama bukan?, begitulah kira-kira maksud dari penggunaan link ini. Selain beberapa penjelasan diatas, manfaat lain penggunaan link didalam blog sobat adalah menambah jumlah viewers di artikel postingan yang lain. 

Untuk lebih pahamnya, sobat bisa baca penjelasan lengkap dibawah ini mengenai 2 jenis link yang akan digunakan didalam artikel postingan sobat. Diharapkan sobat membacanya sampai habis, karena informasi yang diberikan dapat menambah pengetahuan sobat seputar blog hehehe.

1. Apa itu eksternal link ?

Pengertian Internal Link dan Eksternal Link di Blog

Eksternal link adalah Link atau alamat url yang saling terhubung satu sama lain. Atau singkatnya bisa kita sebut dengan link yang mengarah ke postingan lain. Biasanya eksternal link digunakan oleh para blogger untuk membuat artikel postingan lain yang berkaitan. Gunanya untuk membuat pengunjung tidak bosan dengan 1 materi artikel yang dibaca.

Prinsip kerja eksternal link yaitu, jika kita berada di suatu postingan, tiba-tiba disaat kita membaca, ada link baru didalamnya, jika kita klik, maka otomatis bacaan yang kita baca tadi akan digantikan dengan link baru tersebut. Atau gini, link yang kita klik didalam postingan tersebut, akan pindah ke halaman bacaan baru. Itulah penjelasan singkatnya.


2. Apa itu internal link?

Pengertian Internal Link dan Eksternal Link di Blog
Internal link adalah URL atau tautan yang berasal dari situs web kita sendiri atau bisa kita sebut dengan link yang mengarah ke halaman lain di postingan kita sendiri.  Misalnya, jika kita membaca suatu artikel, tiba-tiba ada link baru, jika kita klik, maka bacaan yang kita baca tadi hilang dan terganti dengan baru, tapi dalam halaman yang sama. Itulah maksudnya.

Bicara soal eksternal link agar bisa dibuka pada tab baru, aku sendiri baru mengetahuinya beberapa bulan lalu. Sudah ada ratusan post atau artikel yang memiliki eksternal link namun tidak terbuka secara otomatis ketika link tersebut di klik. Harus di edit dan diatur lagi, apakah dia eksternal link atau internal link.

Jika kita edit atau ubah satu-satu secara manual, mungkin perlu memakan waktu, hal ini tentu akan sangat tidak efektif apabila kita sudah memiliki ratusan bahkan ribuan artikel. Oleh karena itu dengan bantuan JavaScript, kita bisa mengubah semua link eksternal menjadi open new tab atau membuka di tab baru ketika di klik.

3. Terus manfaatnya buat blog apa?

Pengertian Internal Link dan Eksternal Link di Blog

Sedikit aku kasih bocoran mengenai link eksternal yang sebaiknya di berikan tag target="_blank" atau open new tab. Dalam teknik SEO, membuat link eksternal di tab baru adalah untuk mengurangi Bounce Rate atau rasio pantulan antara seberapa banyak pengunjung dan seberapa lama mereka berada di blog sobat.

Logikanya seperti ini, jika pengunjung sedang membaca artikel sobat kemudian mereka mengklik link atau tautan yang ada pada artikel tersebut, kemudian dialihkan ke situs web lain maka waktu yang dihabiskan pembaca akan lebih pendek.

Berbeda apabila, link eksternal pada postingan atau artikel sobat memiliki tag target="_blank" maka ketika pembaca mengklik tautan tersebut artikel sobat tidak akan hilang atau di alihkan ke website lain oleh karena itu rasio waktu yang dihabiskan oleh pembaca lebih panjang. Hal ini tentu menjadi salah satu faktor yang penting untuk kita perhatikan.
Baca juga : siapa bilang blog kamu jelek part 3.

4. Cara Membuat Eksternal Link Otomatis di Blog

#1.  Masuk ke blogger.
#2. Pilih menu template > pilih edit html.

Pengertian Internal Link dan Eksternal Link di Blog 

#3. Kemudian masukan kode javascript ini di atas kode </body>.
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function externalLinku(){for(var e=document.getElementsByTagName("a"),t=0;t<e.length;t++){var n=e[t];n.getAttribute("href")&&n.hostname!==location.hostname&&(n.target="_blank")}}externalLinku();
//]]>
</script>
#4. Lalu klik simpan tema.
#5. Sobat juga bisa menggunakan kode di bawah ini yang sudah di beri tag rel="nofollow noopener"
. Untuk membuat link sobat aman dari link lain.

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function externalLinku(){for(var e=document.getElementsByTagName("a"),t=0;t<e.length;t++){var n=e[t];n.getAttribute("href")&&n.hostname!==location.hostname&&(n.rel="nofollow noopener")&&n.hostname!==location.hostname&&(n.target="_blank")}}externalLinku();
//]]>
</script>

Keterangan:

Nofollow merupakan perintah untuk mencegah bot mengakses atau mengindeks tautan tersebut.
Noopener merupakan perintah untuk mencegah link berbahaya mengambil alih tab yang sedang dibuka. Bagi sobat yang menggunakan tag target="_blank" maka perlu menambahkan tag rel="noopener" atau rel="nofollow noopener" untuk alasan keamanan.

Dengan bantuan kode javascript di atas, kini sobat dapat mengubah semua link eksternal untuk dibuka di tab baru ketika di klik. Jadi sobat gak perlu repot-report lagi mengatur eksternal link didalam postingan sobat. 

Alangkah baiknya link eksternal diberikan perintah target="_blank" untuk mengurangi bounce rate situs atau blog sobat, selain itu tambahkan juga tag rel="noopener" pada setiap link yang diberikan perintah open new tab untuk alasan keamanan. Itu aja sih dari aku. Terima kasih hehehe.
Tampilkan Komentar


EmoticonEmoticon