Panduan Custom Domain di Blogger

Panduan Custom Domain di Blogger
Panduan custom domain di blogger - Apa itu custom domain? Jadi, custom domain adalah salah satu cara untuk membuat blog/ website dapat diakses dengan domain yang sobat miliki. Misalnya, sobat memiliki domain dengan nama “websiteaku.net”. Disisi lain, sobat juga memiliki blog bernama “blogkesayanganaku.blogger.com”. Nah, bisa nggak kalau blog tersebut diubah menjadi seperti nama domain (.com saja?). Jawabnya: Bisa dong!. sobat bisa melakukan custom domain ke Blogspot secara otomatis dengan mengikuti Panduan Cara Custom Domain ke Blogspot. Blog monita saki telah menyediakan segala kemudahan bagi sobat yang ingin melakukan custom domain ke Blogger. sobat tidak perlu setting IP dan Nameserver secara manual. Cukup ikuti langkah-per-langkah, custom domain sudah secara otomatis berhasil. Nah, buat sobat yang ingin setting secara manual, bisa juga lho! Silahkan ikuti panduan berikut ya.

1. Panduan Custom Domain Blogger di Domainesia

Panduan Custom Domain di Blogger

Apabila aku  tidak memiliki hosting dan hanya memiliki domain saja di DomaiNesia, apakah aku bisa melakukan custom domain TLD ke Blogspot/ Blogger? 

Bagaimana Cara Custom Domain ke Blogger?

Tentu saja. sobat tetap bisa melakukan kustomisasi domain melalui  client area di https://my.domainesia.com. Mau tahu caranya? Silahkan ikuti panduan berikut ini ya DomaiNesian! ? Untuk melakukan custom domain melalui client area, yang harus sobat persiapkan yaitu email dan password untuk login https://my.domainesia.com serta akun Blogspot. Email dan password login ini merupakan akun sobat di DomaiNesia ya guys.
Panduan Custom Domain di Blogger

 

1. Login Client Area (my.domainesia.com)

Langkah pertama yaitu, buka https://my.domainesia.com pada web browser. Lalu masukkan username dan password sobat. Username dan password ini merupakan akun sobat pada saat register di DomaiNesia sebelum pembelian domain maupun hosting.

2. Memilih Domains

Setelah itu, sobat akan diarahkan ke halaman client area. Pada halaman ini sobat dapat mengelola semua produk yang telah sobat beli. Karena kali ini akan dilakukan custom domain, maka silahkan klik Menu My Domains pada bagian sidebar (bagian sebelah kiri). Kemudian beri tanda centang dan klik pada domain yang sudah dipilih. 
Panduan Custom Domain di Blogger

 

3. Melakukan Pengecekan Name Server

Untuk melakukan custom domain, pastikan sobat memilih Use default nameservers pada saat mengubah Nameserver. Pilihan Use default nameservers ini berfungsi jika sobat ingin melakukan custom domain ke Blogger atau setting domain forwarding.
Panduan Custom Domain di Blogger
Kemudian dalam pengisian Nameserver, Tim DomaiNesia telah mempermudah para customernya dengan memberikan daftar Name Server yang sesuai. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca Panduan Mengubah Nameserver.
Setiap customer dapat memiliki nameserver yang berbeda- beda. Maka dari itu, apabila ingin melakukan custom domain, pastikan nameserver sesuai dengan yang ada di Client Area sobat

 

4. Pastikan DNS Zone Manager Telah Aktif

Sebelumnya, pastikan DNS Zone Manager telah aktif. Jika belum aktif, silahkan klik Start.
Panduan Custom Domain di Blogger

Jika sudah di klik “start”, maka akan muncul tampilan seperti ini. Nah, apabila sudah muncul tampilan seperti ini, silakan lanjutkan ke step 4.
Panduan Custom Domain di Blogger

 

5. Memilih Blogger Setting

Untuk melakukan custom domain ke Blogger, silahkan klik Settings > pilih Blogger Settings.
Panduan Custom Domain di Blogger

6. Melakukan Pengaturan di Akun Blogspot

Langkah selanjutnya, buka tab baru pada browser, dan silahkan masuk ke www.blogger.com. Kemudian login menggunakan akun blogger sobat. Pilih Setelan kemudian klik Dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klikSiapkan URL pihak ke-3 untuk blog sobat. 
Panduan Custom Domain di Blogger

Tuliskan nama domain yang telah didaftar pada A record tadi. Misalnya www.domainesia.com. Pastikan menggunakan www ya. Lalu klik Simpan. Maka akan ada pesan error dari pihak blogger yaitu Kami tidak dapat memverifikasi otoritas sobat untuk domain ini. Mengapa itu bisa terjadi? Hal ini dikarenakan domain yang sobat tuliskan belum ada sinkronisasi dari pihak blogger dan domain. Untuk melakukan sinkronisasi, terdapat host unik dan record unik dari google yang harus di masukkan ke pengaturan domain.  

Panduan Custom Domain di Blogger

7. Memasukkan Host & Record Unik Google

Pada halaman Blogger tadi, sobat sudah menemukan host unik dan record unik dari Google. Nah sekarang, host dan record unik tadi akan digunakan untuk melakukan custom domain. Tim DomaiNesia telah memberi kemudahan para customernya untuk melakukan custom domain melalui halaman client area (my.domainesia.com). Silahkan klik Menu Domainslalu pilih tab Settings. Kemudian sobat akan menemukan gambar seperti berikut. Untuk itu, sobat cukup memasukkan host unik dari google dan record unik dari google pada kolom yang Kami sediakan di halaman client area (my.domainesia.com) . Kemudian klik Save.
Panduan Custom Domain di Blogger
Ingat, setiap akun memiliki host unik dan record unik yang berbeda. Jadi, pastikan copy paste sesuai dengan yang tertera di akun blogger sobat!

8. Custom Domain Berhasil

Tunggu beberapa menit, maka proses custom domain ke Blogger telah berhasil.
Panduan Custom Domain di Blogger

9. Melakukan Pengecekan DNS

Untuk melakukan pengecekan apakah blogger telah diarahkan ke domain, maka silakan klik Menu Domains. Lalu klikAddons. Pilih DNS Zone Manager dan klik Manage DNS. Pastikan dan cocokkan bahwa terdapat 4 IP Address dari Blogger dan 2 akun CNAME seperti gambar berikut.
Panduan Custom Domain di Blogger

10. Melakukan Pengaturan di Akun Blogger

Setelah itu kembali lagi ke menu Settings (menu setelan di bagian dasar). Klik pada bagian Alamat Blog klikSiapkan URL pihak ke-3 untuk blog sobat. Lalu klik Simpan. Bila masih tidak bisa, mohon bersabar karena mungkin Blogger masih dalam proses propagasi dengan DNS sobat yang dapat memakan waktu hingga 24 jam. Jika lebih dari 24 jam juga belum bisa dilakukan, maka mungkin terdapat kesalahan pada pengaturan sobat dan silakan coba lagi untuk yang kedua kali. 
Panduan Custom Domain di Blogger
Jika proses Simpan sudah berhasil, maka sobat akan melihat halaman Settings di Blogger berisi nama domain dan nama blog lama. Misalnya www.websiteaku.my.id dan dibawahnya terdapat nama blog lama berupa blogakuu.blogspot.com. Di samping nama blogakuu.blogspot.com terdapat tulisan redirects yang artinya, alamat blog lama (*blogspot) telah diarahkan ke nama domain sobat yang baru. Voila! Custom domain sobat sudah berhasil dilakukan.

11. Setting HTTPS di Blogger

Sobat bisa mengaktifkan HTTPS agar akun blogger sobat aman dari penilaian google! Silahkan pilih YES.
Panduan Custom Domain di Blogger
BTW, untuk proses custom blogspot ini memerlukan waktu kurang lebih 24 jam agar resolving DNS dan update konfigurasi berhasil. Apabila telah berhasil terhubung, sobat akan diharapkan dengan opsi pengalihan domain dari non-www ke www pada dashboard blogger.


2. Panduan Setting Custom Domain Blogger di Rumahweb

Panduan Custom Domain di Blogger







Berikut ini adalah panduan setting Custom Domain Blogger:
1. Silahkan login ke account blogger sobat.
2. Setelah login  pilih "menu setelan" > pilih menu dasar .
3. Kemudian klik tanda "+ Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda".

Panduan Custom Domain di Blogger


4. Isi kolom nama domain dengan diawali www. Misal nama domain sobat rumahweb.com , maka cara mengisinya adalah: www.rumahweb.com   kemudian klik Simpan.
Panduan Setting Custom Domain di Blogger (Lengkap)

5. Maka Akan menampilkan CNAME yang harus dipasang di domain manager sobat.
Panduan Custom Domain di Blogger

Catatan: CNAME yang diberi kotak merah tersebut akan digunakan untuk setting di Domain Manager/ Clientzone.

Sekarang silahkan ditinggalkan dahulu  Bloggernya. Silahkan sobat login ke account clientzone.rumahweb.com.
6. Pilih Di menu Domains > My Domains > lalu klik Kelola Domain di samping nama domain yang ingin digunakan (tombol bawah).
Panduan Custom Domain di Blogger

7. Klik DNS Management.
Panduan Custom Domain di Blogger

Apabila muncul tombol Start/Update, silahkan diklik dahulu sampai tidak ada tombol update lagi yang muncul. Sesuai gambar dibawah ini. Setelah itu baru klik “Setting blogspot”.

Panduan Custom Domain di Blogger

Setelah selesai, maka akan muncul DNS blogger seperti gambar berikut:
Panduan Custom Domain di Blogger

Setelah itu, klik Add New Record lalu masukkan record type cname kode verifikasi sesuai yang dicantumkan pada halaman blogspotnya (perhatikan cname cara 5):
Panduan Custom Domain di Blogger

Setelah selesai, silahkan tunggu waktu propagasi kurang lebih 2-3 jam lalu kembali ke blogger tadi pada tampilan gambar dibawah (menu setelan dibagian dasar). Silahkan coba klik Simpan. Bila masih tidak bisa disimpan, mungkin itu masih dalam propagasi. Propagasi antara 1-24 jam. Silahkan tunggu saja dan lakukan cara tadi. Anggap saja udah bisa, selanjutnya klik Save, silahkan lakukan panduan berikutnya.

8. Silahkan klik ‘Edit’.
Panduan Custom Domain di Blogger

9. Ceklist kotak redirect, agar orang lain bisa mengakses blog sobat hanya dengan rumahweb.com tanpa www.
Panduan Custom Domain di Blogger

Jika berhasil, aku ucapkan selamat, setting custom domain blogger telah selesai. Silahkan coba akses webnya. Dan selamat menggunakan.


3. Panduan Custom Domain Blogger di IDwebhost

Panduan Custom Domain di Blogger


PENTING! 
Perlu diingat, tampilan panel domain dan pengaturan DNS Management pada masing-masing penyedia domain bisa saja berbeda, namun secara prinsip itu sama. Jadi dalam mengikuti langkah-langkah berikut, jangan ragu untuk menanyakan pada pihak penyedia domain. Biar kamu gak kebingungan nantinya. Okey! Let’s do this…

 

1. Silahkan masuk ke login akun blogspot sobat, kemudian klik “setelan”.
Panduan Custom Domain di Blogger
 
2. Kemudian klik tanda "+ Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda".
Panduan Custom Domain di Blogger
 
3. Masukkan domain sobat dan pastikan sobat menuliskan dengan www di depannya. misal www.domainsobat.com.
Panduan Custom Domain di Blogger
 
4. Sobat akan mendapatkan 2 CNAME.
dalam contoh misal CNAMEnya berikut :

1. www > ghs.google.com, dan
2. 2orl7p6hxjpg > gv-4gxsy73yvfjqb5.dv.googlehosted.com
Panduan Custom Domain di Blogger
Kedua CNAME tersebut yang akan kita gunakan untuk setting domainnya di member area idwebhost.

5. Silahkan masuk ke member area idwebhost member.idwebhost.com
6. Setelah masuk member area sobat. silahkan klik domain.
Panduan Custom Domain di Blogger

7. Setelah muncul list domain sobat yang masih aktif, silahkan pilih domain yang akan di custom ke blogspot dan klik tombol setting.
Panduan Custom Domain di Blogger

8. Klik Nameserver. Silahkan ubah name server domain ke name server khusus untuk kelola dns.
  • LALU KLIK NAME SERVER.

Panduan Custom Domain di Blogger

 

Untuk versi panduan ini wajib menggunakan ns1.idwebhost.id, dan ns2.idwebhost.id > isikan di kolom yang tersedia > lalu klik tombol ganti name serverJika ada kesulitan mohon dikonsultasikan ke CS kami.

Panduan Custom Domain di Blogger


Info tambahan : untuk semua domain yang menggunakan menu kelola dns harus menggunakan nameserver dalam pengoperasiannya, jika tidak, maka setting dns sobat tidak akan berfungsi sampai kapanpun.

9. Setelah itu, untuk mengubah nameserver silahkan menuju menu KELOLA DNS.
Panduan Custom Domain di Blogger

10. Pada kolom Jenis Record silahkan pilih A (Address). Kolom Nama Host isikan simbol  “@” tanpa tanda petik > kemudian klik tombol simpan. Hasilnya akan berubah menjadi nama domain sobat sendiri, setelah disimpan.
Panduan Custom Domain di Blogger


Untuk priority silahkan di kosongkan karena kolom tersebut hanya digunakan untuk setting mxrecord. Pada tahap ini silakan inputkan 4 ip blogspot berikut satu persatu :
  216.239.32.21 
  216.239.34.21 
216.239.36.21
         216.239.38.21         
Panduan Custom Domain di Blogger
Tampilan hasil penyetingan 4 IP A Records di atas.
  
11. Masukkan cname yang di dapat dari blogspot pada kolom “CNAME” (langkah 4 yang ditandai).
Panduan Custom Domain di Blogger

Cara setting/inputnya sama dengan A (Address) hanya saja A(Address) nya di ubah ke CNAME  ( Alias ). Berikut tampilan gambar apabila sudah tersetting lengkap mulai dari ip hingga kedua cname.
Panduan Custom Domain di Blogger
12. Setelah seluruh settingan selesai. silahkan ditunggu dahulu propagasi perubahan dns nya selama 6-8 jam setelah penyettingan dilakukan.


4. Panduan Custom Domain Blogger di Niagahoster

Panduan Custom Domain di Blogger

 

Langkah 1: Mendapatkan CNAME dari BLOGSPOT

  • Masuk ke akun Blogspot sobat dan langsung menuju menu Setelan.

    Panduan Custom Domain di Blogger

  • Pada baris Publishing Blog Address, klik URL + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda”  dan tambahkan nama domain sobat lengkap dengan www Kemudian klik Simpan.
Panduan Custom Domain di Blogger

  • Jika sobat mendapatkan pesan error 12 dan 32 silakan abaikan saja, yang penting sobat sudah mendapatkan CNAME 2 yang dibutuhkan untuk konfigurasi di Member Area.
Panduan Custom Domain di Blogger


Langkah 2 : Memasukkan CNAME 2 Blogspot ke DNS Management Member Area

  • Login ke member area sobat melalui https://www.niagahoster.co.id > lalu pada kanan atas klik Member Area
  • Setelah masuk member area > klik pada menu Hosting & Domain
Panduan Custom Domain di Blogger

  • Pilih nama domain yang akan sobat hubungkan ke Blogspot dan klik Kelola seperti pada tampilan di atas. 
  • Kemudian pada menu Kelola > klik DNS Management > dan klik Custom Blogspot
Panduan Custom Domain di Blogger

Panduan Custom Domain di Blogger

  • Setelah muncul kolom seperti di atas, isikan domain sesuai CNAME 2 yang telah sobat dapatkan di akun Blogspot dan klik Save changes. Detailnya seperti berikut ini:
Panduan Custom Domain di Blogger

CNAME 2 dalam contoh ini adalah:
Domain: mljwxqwulcvs
Value: gv-bpbgtytzvnz6sg.dv.googlehosted.com

  • Apabila setting telah berhasil, sobat coba refresh halaman pengelolaan domain, jika setting telah berhasil, maka sobat akan mendapatkan tampilan seperti berikut.
DNS management
Panduan Custom Domain di Blogger

Nameserver
Panduan Custom Domain di Blogger

 

 

Langkah 3 : Klik Save di Blogspot


Panduan Custom Domain di Blogger 
  • Kembali ke halaman editor Blogspot sobat dan klik Save sesuai gambar di atas.
  • Apabila sobat mendapatkan error ketika Save dilakukan, maka sobat harus menunggu kurang dari 24 jam untuk bisa menyimpan domain tersebut (waktu propogansi server penyedia web).
  • Estimasi propagasi umumnya beberapa jam saja.
  • Jika sobat kembali dalam beberapa jam, coba masukkan alamat domain tadi ke dalam settingan url (CNAME 2nya).
  • Jika sobat bisa menyimpannya, berarti custom domain sobat telah selesai dihubungkan :)
  • Silahkan buka blog sobat, dan lihat alamat blog sobat.
  • Pasti sudah berubah hehehehe.

Mungkin cukup sampai disini sajalah mengenai panduan custom domain di blogger. Semoga apa yang aku bagikan kali ini, bisa membantu sobat dalam melakukan custom domain bagi pemula.

Jika sobat masih bingung, sobat bisa tanya-tanya ke kolom komentar. Atau bisa juga, langsung tanya-tanya ke penyedia domainnya, biar kamu gak bingung nantinya. Terima kasih hehehe.

Tampilkan Komentar


EmoticonEmoticon