Cara Mengubah Profil Google+ Menjadi Profil Blog

Cara Mengubah Profil Google+ Menjadi Profil Blog
Baru-baru ini ada pemberitahuan di dalam dashboard blogger yang menyatakan bahwa layanan google+ akan segera ditutup, dan beberapa fitur-fitus yang berkaitan dengan google plus yang ada dalam blogger akan dihapus.
Kok gitu sih kak?
Mungkin dikarenakan adanya bug dan juga rendahnya pengguna pada situs tersebut. Jadi google+ pun, mengambil tindakan tegas untuk hal itu. Kalau gak salah bulan april tahun 2019 google+ sudah ditiadakan di blogger.
Iyah juga sih kak, ada benernya juga itu google. Tapi gunanya google+ untuk blog apaan sih kak?, aku belum paham kali soalnya?
Google+ ini sebenarnya mempunyai banyak manfaat, contohnya bagi para blogger, banyak yang menggunakan google+ ini sebagai profil blogger untuk menghiasi blognya, sebagai wadah sharing untuk menambah banyak pengunjung, dan bisa juga untuk promosiin blog ke blogger-blogger lain.
Selain fitur google+, fitur-fitur apa lagi yang mau dihapus oleh pihak blogger kak?
Oleh karena itu telah dilakukan sejumlah perubahan-perubahan pada tanggal 4 februari 2019 terhadap blogger seperti :
  • Widget Google+ : Pada tata letak blog dukungan pada widget pengikut G+, gadget G+, dan tombol +1 telah dihapus oleh blogger, dalam artian sudah tidak tersedia lagi fitur tersebut.
  • Tombol +1 : fitur ini pula telah dihilangkan, termasuk tombol berbagi google+ yang ada pada menu entri postingan kalian (jadi untuk pengguna template kustom yang menyertakan fitur google+ di dalamnya mungkin harus diperbaharui lagi, jadi harap hubungi pembuat template untuk mendapatkan saran atau update)
  • Komentar Google+ : Untuk para blogger yang menggunakan fitur google+ untuk balasan komentar blog, fitur ini akan dikembalikan ke komentar blogger (untuk komentar yang sudah pernah diposting tidak dapat di migrasikan ke komentar blogger, dalam artian komentar anda akan dihapus)

Sungguh ironis, bagi sobat yang menggunakan fitur googlea+ di blognya. Karena sobat akan diharuskan membuatnya lagi dengan jenis yang berbeda. Tapi sobat jangan terus mengambil kesimpulan negatif, dan menjelek-jelekkan blogger. Gak boleh, itu jahat namanya. Coba deh diambil positifnya. Semua itu untuk kebaikan bersama hehehe. Jadi, bagi sobat yang masih menggunakan fitur google+ segeralah beralih ke profil blogger. Agar nantinya, sobat gak terkejut akan perubahan tersebut. Untuk caranya, sobat saki bisa mengikuti panduan langkah-langkahnya dibawah ini.


Cara Mengubah Profil Google+ Menjadi Profil Blog

#1.  Masuk ke blogger.
#2. Pilih menu setelan.
Cara Mengubah Profil Google+ Menjadi Profil Blog

#3. Selanjutnya pilih menu setelan pengguna > dibagian umum pada profil pengguna > pilih blogger > pilih edit.
Cara Mengubah Profil Google+ Menjadi Profil Blog

#4. Setelah diganti, sobat bisa mengedit profil blogger >kemudian sobat sesuaikan saja dengan data-data diri sobat didalamnya > jika sudah kemudian pilih simpan profil.
#5. Nah, jika sudah disetting, coba deh buka blog sobat. Pasti ada yang berubah.
#6. Selesai.

Cara Mengubah Profil Google+ Menjadi Profil Blog

Baca juga : cara mudah bedain admin dengan pengunjung blog part 1
Jujur dari aku sendiri, aku sangat kecewa dengan dihapusnya fitur google+ di blogger, dikarenakan berkurangnya promosi blog ke orang lain. Selain itu, kita pun diharuskan mengatur lagi fitur-fitur blog yang sudah dihapus, jadi tambah ribet istilahnya. Yah mau gimana lagi, semua itu keputusan mereka. So happy enjoy blogging aja deh hehehe.
Tampilkan Komentar


EmoticonEmoticon