Tuesday, August 20, 2019

Perbedaan Blog dengan Website Beserta Penjelasannya

Perbedaan Blog dengan Website Beserta Penjelasannya
Perbedaan blog dengan website beserta penjelasannya - Apa itu blog dan apa itu website? Jika sobat tami sedang mencari perbedaan blog dengan website, sobat tami sekarang tidak salah masuk. Karena disini aku akan menjelaskan sampai tuntas apa yang dimaksud dengan blog dan website. Sebelum membahasnya lebih jauh, aku yakin yang terlintas dalam pikiran sobat tami bahwa blog dengan website adalah sama. Padahal sebenarnya enggak.
Loh kok gitu kak? padahal aku lihat blog dengan website sama aja kok?
Jelas berbeda sobat tami. Dari namanya aja udah beda, apalagi fungsinya. Alasan simplenya adalah karna blog di ibaratkan kayak pria yang simple tetapi tetap tampan, sedangkan website di ibaratkan kayak perempuan yang cantik harus pakai make up hahaha. Kira-kira seperti itulah maksudnya. Untuk itu, sobat tami harus membuang jauh-jauh sebuah anggapan kalau blog dengan website mempunyai pengertian yang sama.

Jika merujuk ke pengertian umum, blog adalah sebuah halaman situs diskusi yang berisikan konten artikel yang dibatasi dan diatur oleh beberapa aturan hukum google. Sedangkan website adalah sebuah halaman web diskusi yang berisikan konten maupun plugin yang memiliki pengaturan yang sepenuhnya ada ditangan pemilik. Untuk lebih jelasnya, mari kita pahami perbedaan antara blog dengan website dibawah ini.

1. Jika Dilihat Berdasarkan Konten

Jika Dilihat Berdasarkan Konten

Konten blog dapat berisi berbagai macam topik-topik yang berupa artikel. Layaknya seperti koran. Dimana setiap artikel memiliki banyak pembahasan yang berbeda topik. Contohnya bisa berupa pembahasan tutorial, teknologi, selebritis, pendidikan, dan masih banyak lagi. Jika dilihat sekilas, blog seolah-olah bertindak seperti majalah online yang senantiasa menyajikan informasi lengkap untuk memanjakan pengunjungnya. 

Sedangkan website hanya fokus ke satu informasi untuk dikembangkan secara luas. Seperti misalnya website tentang handphone, maka website tersebut akan membahas beberapa informasi tentang handphone seperti spesifikasi, harga, sparepart dll.

2. Berdasarkan Bahasa Pemrograman (Coding)

Berdasarkan Bahasa Pemrograman (Coding)
Umumnya website dibuat dan diatur dengan bahasa html atau kumpulan kode html buatan sendiri yang bisa kita atur secara bebas. Seperti html, css, php, javascript, database, boostrap dll. Sehingga pembuatan website cukup rumit jika dibandingkan dengan blog. Sedangkan blog hanya menggunakan bahasa html atau kumpulan kode html dasar untuk membuatnya.

Maka dari itu sesuai perkembangan zaman, blog tetaplah menjadi prioritas utama saat ini. Dikarenakan selain mudah digunakan, blog bisa mendapatkan kode-kode html di google secara luas dan bebas. Sedangkan website, kode-kode htmlnya terbatas. Jadi intinya website lebih rumit dibandingkan dengan blog. 

3. Perbandingan Pengunjung Blog Dengan Website

Jika bicara pengunjung, maka pengunjung yang lebih banyak yaitu blog. Dikarenakan blog memiliki banyak artikel untuk dibaca dan dibahas yang membuat tampilannya tidak terkesan baku atau tidak membosankan. Lain halnya dengan website, website terlalu fokus untuk mengembangkan satu informasi. Sehingga membuat tampilannya cukup membosankan dan itu-itu aja.

4. Tujuan Dibuat Blog dan Website

Tujuan Dibuat Blog dan Website

Berdasarkan tujuan, blog dengan website jelas berbeda. Seperti yang aku bilang diatas, bahwa blog itu kumpulan banyak pembahasan, sedangkan website kumpulan fokus pembahasan. Maka jika dilihat sekilas dari materinya, blog memiliki tujuan untuk sekedar sharing informasi, tapi informasi yang diterima dan disharing bukanlah informasi yang akurat atau tidak dapat dipercaya sumbernya. Sedangkan website membuat informasi berdasarkan kebutuhan pengunjung dan fokus ke 1 hal, jadi pembuatan informasi didalamnya cukup akurat.

5. Biaya Untuk Membangun Blog dengan Website

Biaya Untuk Membangun Blog dan Website

Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, maka biaya yang lebih mahal dalam pembangunan sebuah situs web dipegang oleh website. Dikarenakan website itu membutuhkan banyak perhatian seperti membeli domainnya, membeli hostingnya, membeli keamanan webnya dll. Sedangkan blog hanya membeli domainnya saja. Untuk lebih lengkapnya, sobat tami bisa klik salah satu link dibawah ini untuk melihat biaya untuk membangun blog dengan website.
Biaya untuk membangun website di Wix.com
Biaya untuk membangun website di Wordpress.com
Biaya untuk membangun website di
Wordpress.org

Biaya untuk membangun blog di Blogger.com


6. Harga Jual Blog dengan Website

Harga Jual Blog dan Website

Kalau ngomongin soal harga jual, mungkin bisa dilihat dari trafik atau pengunjungnya. Tapi desas-desus gosip yang aku dengar-dengar dalam beberapa bulan ini bahwa harga website jauh lebih mahal daripada blog. Selain karena familiar ditelinga orang, website juga dinilai dari pembuatan kodding, perawatannya, dan trafiknya. Jadi kalau digabungin semuanya maka harga website bisa mencapai jutaan atau bahkan ratusan juta. Itu jika website yang dibuat memiliki kreatifitas yang tinggi dan responsive. Sedangkan blog, masih awam ditelinga orang, jadi blog hanya dinilai dari trafiknya saja.
 
Sekarang mungkin sobat tami sudah bisa membedakan apa yang dimaksud dengan blog dan website. Walaupun dari tampilan dan domainnya terlihat sama. Mereka jelas berbeda.

Mungkin hanya itu saja penjelasan tentang perbedaan blog dengan website beserta penjelasannya. Diharapkan tulisan ini ada manfaatnya untuk yang membutuhkan. Terima kasih dan selamat beraktifitas hehehe.